WELCOME TO MY SIMPLE BLOG, MAY USEFUL FOR US

Friday, September 4, 2015

Makalah Batik

ABSTRAK

       Batik merupakan warisan budaya nusantara yang mempunyai nilai dan perpaduan seni yang tinggi, sarat dengan makna filosofis dan simbol penuh makna yang memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya. Batik Indonesia memiliki beragam corak yang pada setiap daerah berbeda beda dan menjadi ciri khas daerah tersebut. Sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya kita dapat memahami, mengerti, serta melestarikan kebudayaan batik.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Usaha Batik Tulis Lasem “Sumber Rejeki” ini dengan sebatas pengetahuan dan kemampuan yang kami miliki. Dan juga kami berterima kasih pada Ibu Kiswati Dwi Putri, S.Pd. selaku guru mata pelajaran kimia yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Batik. Semoga laporan sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata kami memohon kritik dan saran demi perbaikan di masa yang akan datang.


Penulis







DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.................................................................................................... i
ABSTRAK.................................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR................................................................................................. iii
DAFTAR ISI................................................................................................................. iv
DAFTAR GAMBAR................................................................................................... v
DAFTAR LAMPIRAN............................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang Masalah........................................................................................ 1
1.2         Batasan Masalah.................................................................................................... 1
1.3         Rumusan Masalah................................................................................................. 1
1.4         Tujuan Penelitian................................................................................................... 1
1.5         Manfaat Penelitian................................................................................................ 2
1.6         Sistematika Penulisan............................................................................................ 2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1         Pengertian Batik.................................................................................................... 3
2.2         Sejarah Perkembangan Batik................................................................................. 3
2.3         Jenis-Jenis Batik.................................................................................................... 7
2.4         Bahan Kimia Dalam Usaha Batik......................................................................... 8
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1         Tempat dan Waktu Penelitian............................................................................... 10
3.2         Metode Penelitian................................................................................................. 10
3.3         Pembuatan Batik Tulis.......................................................................................... 10
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1         Prospek Usaha Batik Tulis.................................................................................... 12
BAB V PENUTUP
4.1         Kesimpulan............................................................................................................ 13
4.2         Saran...................................................................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................. 14
LAMPIRAN.................................................................................................................. 15




DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1. Batik Zaman Majapahit.............................................................................. 5
Gambar 1.2. Batik Zaman Majapahit.............................................................................. 5
Gambar 1.3. Batik Zaman Majapahit.............................................................................. 5
Gambar 2.1. Batik Zaman Penyebaran Islam................................................................. 6
Gambar 2.2. Batik Zaman Penyebaran Islam................................................................. 6
Gambar 2.3. Batik Zaman Penyebaran Islam................................................................. 6
Gambar 3.1. Batik Tulis.................................................................................................. 7
Gambar 3.2. Batik Cap................................................................................................... 8
Gambar 3.3. Batik Sablon............................................................................................... 8
Gambar 4.1. Batik Sekar Jagad...................................................................................... 12
Gambar 4.2. Batik Tiga Negeri....................................................................................... 12






















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1.Wajan, Malam, Kompor, Canting................................................................ 15
Lampiran 2. Kain Mori................................................................................................... 15
Lampiran 3. Gawangan................................................................................................... 15
Lampiran 4. Proses 1....................................................................................................... 16
Lampiran 5. Proses 2....................................................................................................... 16
Lampiran 6. Proses 3,6, dan 9......................................................................................... 16
Lampiran 7. Proses 4 dan 7............................................................................................. 17
Lampiran 8. Proses 5....................................................................................................... 17
Lampiran 9. Proses 8 dan 11........................................................................................... 17
Lampiran 10. Proses 12................................................................................................... 18
Lampiran 11. Tempat Penelitian Usaha Batik Tulis Lasem “Sumber Rejeki”................ 18
Lampiran 12. Foto Kelompok......................................................................................... 18















                                                              

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
     Batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia. Kerajinan batik sudah dikenal sejak lama di Indonesia, khususnya di tanah Jawa. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Oleh karena itu, sudah sewajarnya saat ini orang Indonesia mulai memperhatikan batik, terlebih saat ini model pakaian dengan corak batik sudah bermacam-macam dan modern, sehingga dapat digunakan dalam berbagai kesempatan.
     Batik Indonesia memiliki beragam corak yang pada setiap daerah berbeda beda dan menjadi ciri khas daerah tersebut. Penamaan batik dari perbedaan corak tersebut biasanya menurut nama daerah, misalnya Batik Madura, Batik Jawa. Salah satu Batik Jawa memiliki ciri khas dan cukup dikenal yaitu Batik Lasem. Motif Batik Lasem sangat beragam antara lain pagi sore, tiga negeri, lockcan, banji, seruni, kendoro kendiri, latohan, dan masih banyak lagi.
     Batik memiliki dua cara pembuatan, batik tulis dan batik cap. Selain itu, walaupun batik merupakan warisan budaya, tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui cara pembuatan batik. Pengrajin batik saat ini kebanyakan merupakan penerus dari generasi-generasi sebelumnya, hal ini menimbulkan kekhawatiran semakin lama pengrajin batik semakin sedikit. Sedangkan permintaan konsumen terhadap kerajinan batik semakin meningkat, sehingga memungkinkan terjadinya kelebihan permintaan dari pada penjualan, terutama pada kerajinan batik tulis.
     Sesuai uraian di atas, maka kami tertarik untuk melakukan Penelitian Usaha Batik Tulis Lasem “Sumber Rejeki” untuk menambah ilmu tentang batik.
1.2    Batasan Masalah
Pembatasan masalah yang akan kami teliti meliputi:
1.      Pengertian dan sejarah batik.
2.      Cara pembuatan batik tulis.
3.      Prospek usaha batik tulis.
1.3    Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakan pengertian dan sejarah batik?
2.      Bagaimanakah cara pembuatan batik tulis?
3.      Bagaimanakan prospek usaha batik tulis ?
1.4    Tujuan Penelitian
1.    Mengetahui pengertian dan sejarah batik.
2.    Mengetahui cara pembuatan batik tulis.
3.    Mengetahui prospek usaha batik tulis.
1.5    Manfaat Penelitian
Dengan penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan .
1.6    Sistematika Penulisan
Di dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini, penulis melakukan pembagian menjadi lima bab sebagai langkah untuk mempermudah penulisan karya ilmiah ini. Pembagian tersebut meliputi:
Bab I, berisikan Pendahuluan yang dibagi dalam beberapa pembahasan yakni: Latar Belakang, Batasan Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, serta Sistematika Penulisan.
Bab II, berupa Tinjauan Pustaka,  yang terbagi dalam sub bab yang terdiri dari Pengertian, Sejarah Perkembangan Batik, Jenis-Jenis Batik, dan Bahan Kimia Dalam Usaha Batik.
Bab III, berisikan Metodologi Penelitian yang meliputi Waktu dan Tempat Penelitian, Metode Penelitian, Cara Pembuatan Batik.
Bab IV, merupakan Hasil dan Pembahasan yang meliputi Prospek Usaha Batik Tulis.
Bab V, merupakan Penutup yang terdiri dari Simpulan dan Saran..












BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1    Pengertian Batik
  Beberapa pengertian batik menurut para ahli :
1.    Menurut KBBI, batik merupakan corak atau gambar pada kain yang pembuatannya menggunakan malam (lilin) dan pengolahannya melalui proses tertentu.
2.    Menurut Yudoseputro, batik merupakan gambar yang ditulis pada kain dengan mempergunakan malam sebagai media sekaligus penutup kain batik.
3.    Menurut Widodo, batik merupakan hasil kebudayaan bangsa Indonesia yang tinggi nilainya.
4.    Menurut Irwan Tirta, batik merupakan teknik menghias kain atau testil dengan menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua proses tersebut menggunakan tangan.
5.    Menurut Santosa Doellah, batik merupakan sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna.
6.    Menurut Hamzuri, batik merupakan lukisan atau gambar pada mori yang dibuat dengan menggunakan alat bernama canting.
7.    Menurut Afif Syakur, batik merupakan serentang warna yang meliputi proses pemalaman, pencelupan (pewarnaan) dan pelorotan (pemanasan), hingga menghasilkan motif yang halus yang semuanya ini memerlukan ketelitian yang tinggi.
Pengertian batik secara umum :
     Kata “Batik: berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "nitik". Batik adalah seni melukis dilakukan diatas kain dengan menggunakan lilin atau malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias diatas kain tersebut.
2.2    Sejarah Perkembangan Batik
     Ditinjau dari perkembangan, batik telah mulai dikenal sejak jaman Majapahit dan masa penyebaran Islam. Batik pada mulanya hanya dibuat terbatas oleh kalangan keraton. Batik dikenakan oleh raja dan keluarga serta pengikutnya. Oleh para pengikutnya inilah kemudian batik dibawa keluar keraton dan berkembang di masyarakat hingga saat ini. Berdasarkan sejarahnya, periode perkembangannya batik dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.     Zaman Kerajaan Majapahit
Batik yang telah menjadi kebudayaan di kerajaan Majahit, pat ditelusuri di daerah Mojokerto dan Tulung Agung. Mojoketo adalah daerah yang erat hubungannya dengan kerajaan Majapahit semasa dahulu dan asal nama Majokerto ada hubungannya dengan Majapahit. Kaitannya dengan perkembangan batik asal Majapahit berkembang di Tulung Agung adalah riwayat perkembangan pembatikan didaerah ini, dapat digali dari peninggalan di zaman kerajaan Majapahit. Pada waktu itu daerah Tulungagung yang sebagian terdiri dari rawa-rawa dalam sejarah terkenal dengan nama daerah Bonorowo, yang pada saat bekembangnya Majapahit daerah itu dikuasai oleh seorang yang benama Adipati Kalang, dan tidak mau tunduk kepada kerajaan Majapahit.
Diceritakan bahwa dalam aksi polisionil yang dilancarkan oleh Majapahati, Adipati Kalang tewas dalam pertempuran yang konon dikabarkan disekitar desa yang sekarang bernama Kalangbret. Demikianlah maka petugas-petugas tentara dan keluara kerajaan Majapahit yang menetap dan tinggal diwilayah Bonorowo atau yang sekarang bernama Tulungagung antara lain juga membawa kesenian membuat batik asli.
Daerah pembatikan sekarang di Mojokerto terdapat di Kwali, Mojosari, Betero dan Sidomulyo. Diluar daerah Kabupaten Mojokerto ialah di Jombang. Pada akhir abad ke-XIX ada beberapa orang kerajinan batik yang dikenal di Mojokerto, bahan-bahan yang dipakai waktu itu kain putih yang ditenun sendiri dan obat-obat batik dari soga jambal, mengkudu, nila tom, tinggi dan sebagainya.
Obat-obat luar negeri baru dikenal sesudah perang dunia kesatu yang dijual oleh pedagang-pedagang Cina di Mojokerto. Batik cap dikenal bersamaan dengan masuknya obat-obat batik dari luar negeri. Cap dibuat di Bangil dan pengusaha-pengusaha batik Mojokerto dapat membelinya dipasar Porong Sidoarjo, Pasar Porong ini sebelum krisis ekonomi dunia dikenal sebagai pasar yang ramai, dimana hasil-hasil produksi batik Kedungcangkring dan Jetis Sidoarjo banyak dijual. Waktu krisis ekonomi, pengusaha batik Mojoketo ikut lumpuh, karena pengusaha-pengusaha kebanyakan kecil usahanya. Sesudah krisis kegiatan pembatikan timbul kembali sampai Jepang masuk ke Indonesia, dan waktu pendudukan Jepang kegiatan pembatikan lumpuh lagi. Kegiatan pembatikan muncul lagi sesudah revolusi dimana Mojokerto sudah menjadi daerah pendudukan.
Ciri khas dari batik Kalangbret dari Mojokerto adalah hampir sama dengan batik-batik keluaran Yogyakarta, yaitu dasarnya putih dan warna coraknya coklat muda dan biru tua. Yang dikenal sejak lebih dari seabad yang lalu tempat pembatikan didesa Majan dan Simo. Desa ini juga mempunyai riwayat sebagai peninggalan dari zaman peperangan Pangeran Diponegoro tahun 1825.
Meskipun pembatikan dikenal sejak jaman Majapahait namun perkembangan batik mulai menyebar sejak pesat didaerah Jawa Tengah Surakarta dan Yogyakata, pada jaman kerajaan di daerah ini. Hal itu tampak bahwa perkembangan batik di Mojokerto dan Tulung Agung berikutnya lebih dipenagruhi corak batik Solo dan Yogyakarta.
Didalam berkecamuknya clash antara tentara kolonial Belanda dengan pasukan-pasukan pangeran Diponegoro maka sebagian dari pasukan-pasukan Kyai Mojo mengundurkan diri kearah timur dan sampai sekarang bernama Majan. Sejak zaman penjajahan Belanda hingga zaman kemerdekaan ini desa Majan berstatus desa Merdikan (Daerah Istimewa), dan kepala desanya seorang kiyai yang statusnya Uirun-temurun.Pembuatan batik Majan ini merupakan naluri (peninggalan) dari seni membuat batik zaman perang Diponegoro itu.
Warna babaran batik Majan dan Simo adalah unik karena warna babarannya merah menyala (dari kulit mengkudu) dan warna lainnya dari tom. Sebagai batik setra sejak dahulu kala terkenal juga didaerah desa Sembung, yang para pengusaha batik kebanyakan berasal dari Sala yang datang di Tulungagung pada akhir abad ke-XIX. Hanya sekarang masih terdapat beberapa keluarga pembatikan dari Sala yang menetap didaerah Sembung. Selain dari tempat-tempat tesebut juga terdapat daerah pembatikan di Trenggalek dan juga ada beberapa di Kediri, tetapi sifat pembatikan sebagian kerajinan rumah tangga dan babarannya batik tulis.









                               Gambar 1.1.                                                         Gambar 1.2.








                                                                   Gambar 1.3.
2.     Zaman Penyebaran Islam
Riwayat pembatikan di daerah Jawa Timur lainnya adalah di Ponorogo, yang kisahnya berkaitan dengan penyebaran ajaran Islam di daerah ini. Riwayat Batik. Disebutkan masalah seni batik didaerah Ponorogo erat hubungannya dengan perkembangan agama Islam dan kerajaan-kerajaan dahulu. Konon, di daerah Batoro Katong, ada seorang keturunan dari kerajaan Majapahit yang namanya Raden Katong adik dari Raden Patah. Batoro Katong inilah yang membawa agama Islam ke Ponorogo dan petilasan yang ada sekarang ialah sebuah mesjid didaerah Patihan Wetan.
Perkembangan selanjutanya, di Ponorogo, di daerah Tegalsari ada sebuah pesantren yang diasuh Kyai Hasan Basri atau yang dikenal dengan sebutan Kyai Agung Tegalsari. Pesantren Tegalsari ini selain mengajarkan agama Islam juga mengajarkan ilmu ketatanegaraan, ilmu perang dan kesusasteraan. Seorang murid yang terkenal dari Tegalsari dibidang sastra ialah Raden Ronggowarsito. Kyai Hasan Basri ini diambil menjadi menantu oleh raja Kraton Solo.
Waktu itu seni batik baru terbatas dalam lingkungan kraton. Oleh karena putri keraton Solo menjadi istri Kyai Hasan Basri maka dibawalah ke Tegalsari dan diikuti oleh pengiring-pengiringnya. disamping itu banyak pula keluarga kraton Solo belajar dipesantren ini. Peristiwa inilah yang membawa seni bafik keluar dari kraton menuju ke Ponorogo. Pemuda-pemudi yang dididik di Tegalsari ini kalau sudah keluar, dalam masyarakat akan menyumbangkan dharma batiknya dalam bidang-bidang kepamongan dan agama.







                Gambar 2.1 .                                            Gambar 2.2.







           
                                 Gambar 2.3.


2.3    Jenis-Jenis Batik
1.    Batik Tulis
Batik tulis adalah batik yang dibuat dengan menggunakan canting. Pembuatan batik tulis ini lebih lama yaitu sekitar 2-3 bulan. Proses pembuatannya yaitu dimulai dengan pembuatan design atau yang disebut dengan molani, menyanting ( melukis dengan lilin/malam menggunakan canting), member warna, melorot, kemudian penjemuran. Batik tulis tidak memiliki motif pengulangan yang jelas dengan ukuan garis motif yang relative kecil dibandingkan dengan batik cap.
2.    Batik Cap
Batik cap adalah teksture atau corak batik yang dibentuk dengan cap. Biasanya proses pembuatan batik cap lebih cepat dari batik tulis yaitu sekitar 2-3 hari. Batik cap dikerjakan manual dengan menggunakan alat cap yang biasanya terbuat dari tembaga yang dibentuk dengan design tertentu. Alat cap ( stempel ) tersebut selanjutany dicelupkan ke dalam lilin panas, kemudian ditekan atau dicapkan pada kain.Gambar batik cap biasanya tidak tembus pada kedua sisi kain.
3.      Batik sablon (batik printing)
Batik Sablon adalah batik yang proses pembuatannya dicetak melalui proses sablon. Proses batik dapat diselesaikan tanpa menggunakan lilin malam serta canting. Prosesnya sama seperti pembuatan spanduk atau kaos sablon namun dengan bahan warna yang lebih bagus mutunya. Permukaan kain batik sablon jika dilihat hanya satu sisi saja yag bergambar, sedangkan sisi lainnya polos. Hal inilah yang membuat warna batik sablon lebih cepat luntur karena warnanya tidak meresap ke kain.







      
                                                                                                                                                                                      Gambar 3.1. Batik Tulis










                                                       Gambar 3.2. Batik Cap



                                      





                                                       Gambar 3.3. Batik Sablon
2.4    Bahan Kimia Dalam Usaha Batik
1.    Sodium Hidroksida/Soda Api (NaOH)
Sodium Hidroksida tersedia dalam bentuk serpihan-serpihan (Konsentrat 100 %) atau dalam bentuk cair dengan konsentrasi yang bermacam-macam.
Penggunaan dalam usaha batik :
-     Fiksasi pewarna pewarna reaktif.
-     Pewarnaan dengan Indigo dan Naftol.
-     Untuk mengontrol nilai Ph.
-     Proses pengelantangan dengan hidrogen peroksida
2.    Asam Klorida (HCl)
HCl adalah cairan kekuning-kuningan dengan aroma kuat yang menusuk, bersifat sangat korosif.
            Penggunaan dalam usaha batik : Sebagai unsur saponifikasi bagi zat warna Indigosol.
3.    Sodium Nitrit (NaNO2)
Sodium Nitrit adalam bubuk kristal putih kekuning-kuningan yang dapat dilarutkan dalam air.
Penggunaan dalam usaha batik : Sebagai unsur oksidasi untuk pembentukan pewarna tangki menjadi bentuk yang tidak dapat dilarutkan.
4.    Hidrogen Peroksida (H2O2)
Hidrogen Peroksida berbentuk cairan jernih. Zat ini memiliki sifat oksidasi yang kuat dan merupakan zat yang mudah terbakar.
            Penggunaan dalam usaha batik :
-     Untuk pengelantangan oksidatif pada katun
-     Oksidasi pewarnaan dengan Indigo.
5.    Sodium Karbonat (Na2CO3)
Sodium Karbonat adalah bubuk kristal putih yang dikenak juga sebagai abu soda.
Penggunaan dalam usaha batik :
-     Untuk menyesuaikan pH pada kolam pewarna.
-     Memperbaiki kemurnian pada pewarna dalam proses pewarnaan.
6.    Sodium Silikat (Na2SiO3)
Sodium silikat adalah senyawa yang sangat kental dan senyawa alkali/basa yang kuat.
Penggunaan dalam usaha batik :
-     Digunakan sebagai bahan pengikat untuk zat-zat pewarna reaktif.
-     Sebagai stabilisator dalam proses pengelentangan dengan peroksida.
7.    Naftol (Zat Warna)
Penggunaan dalam usaha batik : Digunakan untuk mewarnai katun yang digunakan untuk batik dalam suhu ruang.














BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1    Tempat dan Waktu Penelitian
     Penelitian ini dilaksanakan di Usaha Batik Sumber Rejeki, Desa Babagan RT 09/RW 03 Lasem. Waktu penelitian Hari Minggu, 16 Agustus 2015.
3.2    Metode Penelitian
Metode yang kami lakukan untuk penelitian ini adalah :
  1. Wawancara
Melakukan wawancara dengan pihak – pihak terkait yang berkompeten dengan permasalahan tersebut guna mendapatkan data primer.
  1. Study Literature
Mencari literature dengan mempelajari berbagai pustaka yang berkaitan dengan topik yang diangkat sebagai standar perencanaan dan perancangan yang digunakan dalam penyusunan program.
  1. Observasi Obyek
Melakukan pengamatan terhadap obyek Batik baik secara langsung terhadap obyek serupa di dalam negeri maupun pengamatan obyek secara tidak langsung melalui internet terhadap obyek serupa di luar negeri yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan.
3.3    Pembuatan Batik Tulis
  Alat dan bahan :
-     Kain mori (Bisa terbuat dari sutra atau katun)
-     Canting sebagai alat pembentuk motif
-     Gawangan (Tempat untuk menyampirkan kain)
-     Lilin (malam) yang dicairkan.
-     Panci dan kompor kecil untuk memanaskan.
-     Larutan pewarna Gambar                                                                                           
       Tahapan pembuatan batik tulis :
1.     Langkah pertama adalah membuat desain batik yang biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda.
2.     Setelah selesai melakukan molani, langkah kedua adalah melukis dengan lilin (malam) menggunakan canting dengan mengikuti pola tersebut.
3.     Selanjutnya, menutupi dengan lilin malam bagian-bagian yang akan tetap berwarna putih (tidak berwarna). Canting untuk bagian halus, atau kuas untuk bagian berukuran besar. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena.
4.     Tahap berikutnya, proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup oleh lilin dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu .
5.     Setelah dicelupkan, kain tersebut di jemur dan dikeringkan.
6.     Setelah kering, kembali melakukan proses pembatikan yaitu melukis dengan lilin malam menggunakan canting untuk menutup bagian yang akan tetap dipertahankan pada pewarnaan yang pertama.
7.     Kemudian, dilanjutkan dengan proses pencelupan warna yang kedua.
8.     Proses berikutnya, menghilangkan lilin malam dari kain tersebut dengan cara meletakkan kain tersebut dengan air panas diatas tungku.
9.     Setelah kain bersih dari lilin dan kering, dapat dilakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan lilin menggunakan canting untuk menahan warna pertama dan kedua.
10.  Proses membuka dan menutup lilin malam dapat dilakukan berulangkali sesuai dengan banyaknya warna dan kompleksitas motif yang diinginkan.
11.  Proses selanjutnya adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas.
12.  Proses terakhir adalah mencuci kain batik tersebut dan kemudian mengeringkannya dengan menjemurnya sebelum dapat digunakan dan dipakai.









BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1  Prospek Usaha Batik Tulis
Menurut Usaha Batik Tulis Lasem ”Sumber Rejeki” yang berdiri sejak tahun 2010 ,prospek usaha batik tulis sangat menjanjikan. Harga setiap potong batiknya mulai dari 100 ribu sampai jutaan rupiah tergantung dengan warna,kualitas kain dan motifnya. Motif yang paling banyak diminati pelanggan adalah motif sejar jagad yang harganya dikisaran 100 ribu-an dan batik tiga negeri yang harganya mencapai jutaan rupiah.  Total penghasilan tiap bulannya bisa mencapai 300-400 juta. Hasil tersebut tentunya sangat menarik para pengusaha lain untuk beralih ke bisnis batik. Tidak hanya dapat menghasilkan keuntungan yang besar, usaha batik ini dapat melestarikan budaya Indonesia.  Usaha ini telah dipasarkan di bebrapa daerah di Indonesia seperti (Jakarta, Solo, Yogya, Surabaya, Semarang, Pekalongan dan kota-kota  lainnya).




                                                                                     



Gambar 4.1. Batik Sekar Jagad










Gambar 4.2. Batik Tiga Negeri          
BAB IV
PENUTUP

5.1  Kesimpulan
      Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya jawa). Batik adalah proses menahan warna dengan memakai lilin malam secara berulang- ulang diatas kain. Prospek usaha batik sangat menjanjikan. Tidak ada salahnya jika kita mencoba usaha batik.
5.2  Saran
      Sebaiknya memakai batik perlu ditingkatkan lagi agar ciri khas kita sebagai warga Negara Indonesia tidak hilang. Karena beberapa Negara lainnya sudah mengakui batik Indonesia . Untuk itu kita harus bangga menjadi anak Indonesia. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus bisa melestarikan budaya,salah satunya adalah batik.















                                                     









DAFTAR PUSTAKA


LAMPIRAN









Lampiran 1.Wajan, Malam, Kompor, Canting










Lampiran 2. Kain Mori











Lampiran 3.Gawangan










Lampiran 4. Proses 1









Lampiran 5. Proses 2












Lampiran 6. Proses 3,6, dan 9








Lampiran 7. Proses 4 dan 7












Lampiran 8. Proses 5











Lampiran 9. Proses 8 dan 11

                                                     






                                                  Lampiran 10. Proses 12        








                                       Lampiran 11. Tempat Penelitian Usaha Batik Tulis Lasem “Sumber Rejeki”










                                                   Lampiran 12.Foto Kelompok          

3 comments: