WELCOME TO MY SIMPLE BLOG, MAY USEFUL FOR US

Wednesday, June 17, 2015

"KEHIDUPAN"

KATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan tugas BK (Bimbingan Konseling) tentang Kehidupan dengan sebatas pengetahuan dan kemampuan yang kami miliki. Dan juga kami berterima kasih pada Ibu Dra. Puji Lestari selaku Guru BK (Bimbingan Konseling) yang telah memberikan tugas ini kepada kami.

Kami sangat berharap tugas ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai kehidupan. Semoga dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata kami memohon kritik dan saran demi perbaikan di masa yang akan datang.





Penulis


                DAFTAR ISI
1.     JUDUL

PENGERTIAN KEHIDUPAN

2.     KATA PENGANTAR

3.     PEMBAHASAN

1.      Pengertian Kehidupan

2.      Makna Kehidupan Menurut Islam

3.      Makna Kehidupan Menurut Filosofi Wortel,Telur dan Bijih Kopi

4.     KESIMPULAN

5.     TANGGAPAN DAN PERTANYAAN

6.     PENERAPAN KEHIDUPAN DI KELAS IX

7.     PELAJARAN YANG DAPAT DI AMBIL

8.     CATATAN

PEMBAHASAN

PENGERTIAN KEHIDUPAN
Kehidupan adalah ciri yang membedakan objek yang memiliki isyarat dan proses penopang diri (organisme hidup) dengan objek yang tidak memilikinya, baik karena fungsi-fungsi tersebut telah mati atau karena mereka tidak memiliki fungsi tersebut dan diklasifikasikan sebagai benda mati. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kehidupan)
§  Pengertian Kehidupan menurut I Ketut Gede Yudantara :
Kehidupan merupakan anugerah dan amanah sebagai ciptaan Tuhan.
§  Pengertian Kehidupan Menurut Campbell, Reece, Mitchell
Kehidupan merupakan suatu hirarki, dimana setiap tingkat sruktur biologis merupakan pengembangan dari tingkatan di bawahnya.
§  Pengertian Kehidupan Menurut Suhairi Awang
Kehidupan merupakan suatu kisah yang penuh berliku. kelangsungannya senantiasa berputar - putar di ruang lingkup yang serupa dari satu generasi sejak mula manusia diciptakan hinggalah menjejak kepada waktu yang paling hampir dan kisahnya selalu berulang - ulang.

MAKNA KEHIDUPAN MENURUT ISLAM
Al Quran adalah pedoman bagi manusia untuk menemukan makna hidup yang sebenarnya. Berbagai macam ajaran mengenai hakekat hidup dan tujuan hidup telah berkembang. Masing-masing berbeda tentang pengertian dan tujuan hidup. Hanya Al Qur’an lah yang dapat menjelaskan arti dan tujuan hidup manusia secukupnya sehingga dapat dipahami oleh setiap individu yang membutuhkannya. 
Kita hanya akan menyinggung arti hidup bagi manusia sendiri, kita tidak akan menyinggung arti hidup bagi benda atau wujud lain. Bahwa hidup pertama ialah di dunia kini dan hidup kedua berlaku di alam Akhirat. Kedua macam hidup itu berlaku dalam keadaan konkrit. 
Banyak Ayat Suci yang menyatakan hidup dua kali di antaranya ayat 40/11 yang artinya wahai Tuhan kami, Engkau matikan kami dua kali dan Engkau hidupkan kami dua kali, dan kenallah kami pada dosa-dosa kami, Maka adakah garis hukum untuk keluar?
Berbagai macam doktrin telah berkembang di muka Bumi, namun tidak satupun yang memberikan alasan kenapa adanya hidup kini; Masing-masingnya berbeda tentang pengertian dan tujuan hidup, hanya Alquran lah yang dapat menjelaskan secukupnya hingga dapat dipahami oleh setiap diri yang memerlukan. (Sumber : http://mwildansr.blogspot.com/2013/03/makna-hidup-tujuan-hidup-menurut-al.html )

MAKNA KEHIDUPAN MENURUT FILOSOFI WORTEL, TELUR, BIJI KOPI
Sebagai seorang manusia kadang kita bisa meneladani Analogi dari berbagai hal semacam wortel, telur dan biji kopi. Saat menjalani kehidupan, apakah kita akan menjadi seperti Wortel, Telur ataukah Biji Kopi. Memandang kehidupan dengan cara yang berbeda kadang diperlukan oleh seorang manusia untuk kembali menemukan jati dirinya yang mungkin masih bersembunyi dibalik kerasnya hati.
Semua orang tahu bentuk fisik dan tampilan ketiga benda ini. Apa yang akan terjadi pada ketiganya saat semuanya dimasukan kedalam sebuah panci berisi air mendidih? Wortel yang tadinya keras akan melembek, Telur yang tadinya cair akan menggumpal dan Kopi yang tadinya keras, akan tetap keras. Lalu apa makna dari semua itu?
Air yang direbus hingga mendidih menggambarkan tantangan yang kita hadapi. Wortel, melambangkan seseorang yang tadinya tegas dan teguh pendirian serta nilai-nilai hidup. Selalu berusaha untuk jujur dan siap bekerja keras. Namun, setelah menghadapi permasalahan hidup, tekanan lingkungan maupun keadaan keluarga yang morat-marit membuat dia memiliki mental yang lemah, tidak berani mengambil keputusan sehingga konsep dirinya pun berubah
Telur, melambangkan seorang yang tadinya lemah lembut, mengerti perasaan orang lain dan memiliki hati yang mau melayani. Namun, karena memiliki permasalahan besar dan bertubi-tubi  membuatnya menjadi mudah tersinggung, keras kepala, dan egois.
Kopi, melambangkan eksistensi diri yang tidak berubah sekalipun beban permasalahan menghimpit dan menekan sedemikian rupa. Ketika masuk ke dalam “dapur penderitaan” yang bersangkutan justru mampu memberikan warna dan keharuman bagi lingkungannya. Dia tidak mengeluh dengan permasalahan yang dihadapi. Dari mulutnya tidak keluar ucapan-ucapan yang menggerutu dan apatis.Sekalipun mengalami permasalahan yang sangat berat, dia tetap optimis bahkan mau berbagi pengalaman agar orang lain tidak mengalami hal serupa.        
Dari Deskripsi di atas, menjadi kopi adalah yang terbaik, tapi apakah itu yang benar-benar kita butuhkan? Tentu. Kopi yang saat menghadapi masalah dalam kehidupan kita malah memberikan aroma harum untuk lingkungan sekitarnya.
KESIMPULAN

Hidup ini penuh dengan lika-liku dan tantangan. Hidup ini tidak selalu mudah. Hidup tidak selalu menyenangkan. Hidup kadang-kadang sangat keras. Semuanya tidak terjadi seperti yang kita harapkan. Orang-orang tidak memperlakukan kita seperti yang kita harapkan. Untuk itu,kita harus mencoba dan mencoba lagi. Kita harus yakin tentang apa yang kita lakukan. Kita harus percaya dengan kemampuan kita. Kita tidak boleh menyerah dengan semua permasalahan berat yang menimpa. Kita harus mendorong, mendorong, dan mendorong lagi. Karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Apapun bisa terjadi sesuai kehendakNya.”


TANGGAPAN DAN PERTANYAAN

TANGGAPAN DARI KELOMPOK 1 :
Presentasi yang disampaikan oleh kelompok 2 sudah baik dan jelas, namun ada beberapa anggota yang tidak aktif dengan perannya.

JAWABAN :
Kami (Kelompok 2) berterima kasih kepada kelompok 1 atas pujiannya dan kami juga menerima kritik dari Kelompok 1.

TANGGAPAN DARI KELOMPOK 3 :
Power point yang disajikan oleh kelompok 2 agak kurang jelas karena ada beberapa slide yang backgroundnya terlalu gelap.

KAMI (KELOMPOK 2) MENANGGAPI :
Kami menghargai kritikan dari Kelompok 3, tetapi kami (Kelompok 2) masih kurang mengerti dimana ke tidak jelasan presentasi kami. Kami merasa background presentasi yang kami sajikan sudah jelas.

PERTANYAAN DARI KELOMPOK 4
Apa yang dimaksud dengan eksistensi diri?

JAWABAN :
Eksistensi diri adalah keberadaan seseorang di hadapan orang lain.

PENERAPAN KEHIDUPAN DI KELAS IX
Menurut kelompok kami (kelompok 2) :
§  Kelas IX bukan kelas kenaikan melainkan kelas kelulusan. Kelas kenaikkan berbeda dengan kelas kelulusan, Kelas kelulusan yaitu lulus tidaknya ditentukan oleh kita sendiri dan dengan usaha sendiri. Jika kelas kenaikkan,naik tidaknya  ditentukan oleh guru yang memberi nilai. Di kelas IX kita tidak boleh santai-santai,melainkan kita harus rajin belajar. Kita harus lebih giat dan lebih semangat lagi dalam belajar,agar mendapatkan hasil yang memuaskan di UN nanti. UN tidak semudah yang kita fikirkan,UN terdapat 20 paket yang berbeda. Maka dari itu,diharapkan kepada seluruh siswa kelas IX untuk memulai dari sekarang harus ditingkatkan lagi belajarnya dan lebih semangat lagi supaya mendapatkan nilai UN  yang memuaskan dan bisa melanjutkan ke sekolah yang berkualitas atau kesekolah yang kita inginkan.

PELAJARAN YANG DAPAT DIAMBIL

Pelajaran yang dapat diambil yaitu :
§  Sekeras apapun permasalahan kehidupan yang sedang kita hadapi,kita tidak boleh pantang menyerah,kita harus bekerja keras. Walaupun banyak masalah dan musibah yang sedang menimpa, kita tetap  harus yakin tentang apa yang sedang kita lakukan. Dan jangan pernah mengeluh,apabila usaha yang telah kita lakukan gagal. Kita tetap harus mencoba dan mencobanya lagi,sampai apa yang kita inginkan dapat tercapaikan. Dan kita tetap harus optimis, dan yakin bahwa kita bisa meraih keberhasilan itu.
CATATAN :

§  Pengalaman baru yang kami (kelompok 2)  rasakan setelah menyampaikan diskusi dengan presentasi yaitu: Kami bisa lebih jelas dalam menyampaikan presentasi. Terlebih power point yang kami buat menunjang presentasi kami. Selain itu,kami merasa lebih aktif  dan lebih berani dihadapan orang banyak setelah melakukan presentasi. Perasaan yang kami (kelompok 2) rasakan juga senang,karena sudah menyampaikan hasil diskusi dengan menggunakan power point dengan baik,walaupun ada sedikit tanggapan yang diberikan oleh kelompok lain.
§  Keuntungan dari penyampaian diskusi dengan presentasi :
Bagi peserta diskusi, penyampaian diskusi dengan presentasi dapat meningkatkan keaktifan di dalam pembelajaran, dapat meningkatkan keberanian siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Bagi kelompok diskusi, penyampaian diskusi dengan presentasi akan menimbulkan sikap terbiasa dan tidak gugup menghadapi orang banyak. Dan selain itu juga kelompok diskusi akan terbantu dengan pembelajaran model seperti ini. Karena mereka bisa membuat power point untuk lebih memudahkan presentasi dan ditampilkan dengan menarik.
§  Kekurangan dari penyampaian diskusi dengan presentasi :
Bagi peserta diskusi, penyampaian diskusi dengan presentasi dapat menimbulkan kesan bosan karena mungkin penyaji diskusi kurang jelas dan terkesan monoton dalam menyampaikan hasil diskusi.
§  Saran untuk pembelajaran penyampaian diskusi dengan presentasi :
Sebaiknya bagi setiap sekolah harus membiasakan model pembelajaran presentasi untuk meningkatkan keaktifan dari siswanya. Dan ditunjang juga dengan Kurtilas (Kurikulum Dua Ribu Tiga belas) yang banyak menggunakan model pembelajaran seperti ini. Selain itu,model pembelajaran menggunakan power point itu juga  lebih bagus,karena bisa mengajarkan siswanya agar lebih mengenal teknologi komunikasi di zaman seperti ini.


No comments:

Post a Comment