ABSTRAK
Batik merupakan warisan budaya nusantara yang mempunyai nilai
dan perpaduan seni yang tinggi, sarat dengan makna filosofis dan simbol penuh
makna yang memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya. Batik Indonesia
memiliki beragam corak yang pada setiap daerah berbeda beda dan menjadi ciri
khas daerah tersebut. Sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya kita dapat
memahami, mengerti, serta melestarikan kebudayaan batik.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat
menyelesaikan Laporan Penelitian Usaha Batik Tulis Lasem “Sumber Rejeki” ini
dengan sebatas pengetahuan dan kemampuan yang kami miliki. Dan juga kami
berterima kasih pada Ibu Kiswati Dwi Putri, S.Pd. selaku guru mata pelajaran
kimia yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka
menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Batik. Semoga laporan
sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan
yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang
membacanya. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat
kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Sebelumnya kami
mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata kami memohon kritik dan saran
demi perbaikan di masa yang akan datang.
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL.................................................................................................... i
ABSTRAK.................................................................................................................... ii
KATA
PENGANTAR................................................................................................. iii
DAFTAR ISI................................................................................................................. iv
DAFTAR
GAMBAR................................................................................................... v
DAFTAR
LAMPIRAN............................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah........................................................................................ 1
1.2
Batasan Masalah.................................................................................................... 1
1.3
Rumusan Masalah................................................................................................. 1
1.4
Tujuan Penelitian................................................................................................... 1
1.5
Manfaat Penelitian................................................................................................ 2
1.6
Sistematika Penulisan............................................................................................ 2
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Pengertian Batik.................................................................................................... 3
2.2
Sejarah Perkembangan Batik................................................................................. 3
2.3
Jenis-Jenis Batik.................................................................................................... 7
2.4
Bahan Kimia Dalam Usaha Batik......................................................................... 8
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN
3.1
Tempat dan Waktu Penelitian............................................................................... 10
3.2
Metode Penelitian................................................................................................. 10
3.3
Pembuatan Batik Tulis.......................................................................................... 10
BAB
IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1
Prospek Usaha Batik Tulis.................................................................................... 12
BAB
V PENUTUP
4.1
Kesimpulan............................................................................................................ 13
4.2
Saran...................................................................................................................... 13
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................................. 14
LAMPIRAN.................................................................................................................. 15
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1.1. Batik Zaman Majapahit.............................................................................. 5
Gambar 1.2. Batik Zaman Majapahit.............................................................................. 5
Gambar 1.3. Batik Zaman Majapahit.............................................................................. 5
Gambar 2.1. Batik Zaman Penyebaran Islam................................................................. 6
Gambar 2.2. Batik Zaman Penyebaran Islam................................................................. 6
Gambar 2.3. Batik Zaman Penyebaran Islam................................................................. 6
Gambar 3.1. Batik Tulis.................................................................................................. 7
Gambar 3.2. Batik Cap................................................................................................... 8
Gambar 3.3. Batik Sablon............................................................................................... 8
Gambar 4.1. Batik Sekar
Jagad...................................................................................... 12
Gambar 4.2. Batik Tiga Negeri....................................................................................... 12
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran 1.Wajan,
Malam, Kompor, Canting................................................................ 15
Lampiran 2. Kain Mori................................................................................................... 15
Lampiran 3. Gawangan................................................................................................... 15
Lampiran 4. Proses 1....................................................................................................... 16
Lampiran 5. Proses 2....................................................................................................... 16
Lampiran 6. Proses 3,6,
dan 9......................................................................................... 16
Lampiran 7. Proses 4 dan 7............................................................................................. 17
Lampiran 8. Proses 5....................................................................................................... 17
Lampiran 9. Proses 8
dan 11........................................................................................... 17
Lampiran 10. Proses 12................................................................................................... 18
Lampiran 11. Tempat Penelitian
Usaha Batik Tulis Lasem “Sumber Rejeki”................ 18
Lampiran 12. Foto Kelompok......................................................................................... 18
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Batik
merupakan salah satu budaya asli Indonesia. Kerajinan batik sudah dikenal sejak
lama di Indonesia, khususnya di tanah Jawa. Batik Indonesia, sebagai
keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang
terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya
Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of
Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Oleh karena itu, sudah sewajarnya saat ini
orang Indonesia mulai memperhatikan batik, terlebih saat ini model pakaian
dengan corak batik sudah bermacam-macam dan modern, sehingga dapat digunakan
dalam berbagai kesempatan.
Batik
Indonesia memiliki beragam corak yang pada setiap daerah berbeda beda dan
menjadi ciri khas daerah tersebut. Penamaan batik dari perbedaan corak tersebut
biasanya menurut nama daerah, misalnya Batik Madura, Batik Jawa. Salah satu Batik
Jawa memiliki ciri khas dan cukup dikenal yaitu Batik Lasem. Motif Batik Lasem sangat
beragam antara lain pagi sore, tiga negeri,
lockcan, banji, seruni, kendoro kendiri, latohan, dan masih banyak lagi.
Batik memiliki dua cara
pembuatan, batik tulis dan batik cap. Selain itu, walaupun batik merupakan
warisan budaya, tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui cara pembuatan batik.
Pengrajin batik saat ini kebanyakan merupakan penerus dari generasi-generasi
sebelumnya, hal ini menimbulkan kekhawatiran semakin lama pengrajin batik
semakin sedikit. Sedangkan permintaan konsumen terhadap kerajinan batik semakin
meningkat, sehingga memungkinkan terjadinya kelebihan permintaan dari pada
penjualan, terutama pada kerajinan batik tulis.
Sesuai
uraian di atas, maka kami tertarik untuk melakukan Penelitian Usaha Batik Tulis
Lasem “Sumber Rejeki” untuk menambah ilmu tentang batik.
1.2 Batasan Masalah
Pembatasan masalah yang akan kami teliti
meliputi:
1.
Pengertian
dan sejarah batik.
2.
Cara
pembuatan batik tulis.
3.
Prospek
usaha batik tulis.
1.3 Rumusan Masalah
1.
Bagaimanakan pengertian dan
sejarah batik?
2.
Bagaimanakah cara pembuatan
batik tulis?
3.
Bagaimanakan prospek usaha
batik tulis ?
1.4 Tujuan Penelitian
1. Mengetahui pengertian dan sejarah batik.
2. Mengetahui cara pembuatan batik tulis.
3. Mengetahui prospek usaha batik tulis.
1.5 Manfaat Penelitian
Dengan penelitian ini diharapkan dapat
menambah dan mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan .
1.6 Sistematika Penulisan
Di dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah
ini, penulis melakukan pembagian menjadi lima bab sebagai langkah untuk
mempermudah penulisan karya ilmiah ini. Pembagian tersebut meliputi:
Bab I, berisikan Pendahuluan yang dibagi dalam beberapa pembahasan
yakni: Latar Belakang, Batasan Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian,
Manfaat Penelitian, serta Sistematika Penulisan.
Bab II, berupa Tinjauan Pustaka,
yang terbagi dalam sub bab yang terdiri dari Pengertian, Sejarah
Perkembangan Batik, Jenis-Jenis Batik, dan Bahan Kimia Dalam Usaha Batik.
Bab III, berisikan Metodologi Penelitian yang meliputi Waktu dan
Tempat Penelitian, Metode Penelitian, Cara Pembuatan Batik.
Bab IV, merupakan Hasil dan Pembahasan yang meliputi Prospek Usaha
Batik Tulis.
Bab V, merupakan Penutup yang terdiri dari Simpulan dan Saran..
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Batik
Beberapa
pengertian batik menurut para ahli :
1. Menurut KBBI, batik merupakan corak atau gambar pada kain yang
pembuatannya menggunakan malam (lilin) dan pengolahannya melalui proses
tertentu.
2. Menurut Yudoseputro, batik merupakan gambar yang ditulis pada kain
dengan mempergunakan malam sebagai media sekaligus penutup kain batik.
3. Menurut Widodo, batik merupakan hasil kebudayaan bangsa Indonesia
yang tinggi nilainya.
4. Menurut Irwan Tirta, batik merupakan teknik menghias kain atau testil dengan
menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua proses tersebut
menggunakan tangan.
5. Menurut Santosa Doellah,
batik merupakan sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga
digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola
tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik
sebagai bahan perintang warna.
6. Menurut Hamzuri, batik merupakan lukisan atau gambar pada mori
yang dibuat dengan menggunakan alat bernama canting.
7. Menurut Afif Syakur, batik merupakan serentang warna yang meliputi proses pemalaman, pencelupan (pewarnaan) dan
pelorotan (pemanasan), hingga menghasilkan motif yang halus yang semuanya ini
memerlukan ketelitian yang tinggi.
Pengertian batik secara umum :
Kata “Batik: berasal dari bahasa Jawa "amba" yang
berarti menulis dan "nitik". Batik adalah seni melukis
dilakukan diatas kain dengan menggunakan lilin atau malam sebagai pelindung
untuk mendapatkan ragam hias diatas kain tersebut.
2.2 Sejarah Perkembangan Batik
Ditinjau
dari perkembangan, batik telah mulai dikenal sejak jaman Majapahit dan masa
penyebaran Islam. Batik pada mulanya hanya dibuat terbatas oleh kalangan
keraton. Batik dikenakan oleh raja dan keluarga serta pengikutnya. Oleh para
pengikutnya inilah kemudian batik dibawa keluar keraton dan berkembang di
masyarakat hingga saat ini. Berdasarkan sejarahnya, periode perkembangannya
batik dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.
Zaman Kerajaan Majapahit
Batik yang telah
menjadi kebudayaan di kerajaan Majahit, pat ditelusuri di daerah Mojokerto dan
Tulung Agung. Mojoketo adalah daerah yang erat hubungannya dengan kerajaan Majapahit
semasa dahulu dan asal nama Majokerto ada hubungannya dengan Majapahit.
Kaitannya dengan perkembangan batik asal Majapahit berkembang di Tulung Agung
adalah riwayat perkembangan pembatikan didaerah ini, dapat digali dari
peninggalan di zaman kerajaan Majapahit. Pada waktu itu daerah Tulungagung yang
sebagian terdiri dari rawa-rawa dalam sejarah terkenal dengan nama daerah
Bonorowo, yang pada saat bekembangnya Majapahit daerah itu dikuasai oleh
seorang yang benama Adipati Kalang, dan tidak mau tunduk kepada kerajaan
Majapahit.
Diceritakan bahwa
dalam aksi polisionil yang dilancarkan oleh Majapahati, Adipati Kalang tewas
dalam pertempuran yang konon dikabarkan disekitar desa yang sekarang bernama
Kalangbret. Demikianlah maka petugas-petugas tentara dan keluara kerajaan
Majapahit yang menetap dan tinggal diwilayah Bonorowo atau yang sekarang
bernama Tulungagung antara lain juga membawa kesenian membuat batik asli.
Daerah pembatikan
sekarang di Mojokerto terdapat di Kwali, Mojosari, Betero dan Sidomulyo. Diluar
daerah Kabupaten Mojokerto ialah di Jombang. Pada akhir abad ke-XIX ada
beberapa orang kerajinan batik yang dikenal di Mojokerto, bahan-bahan yang
dipakai waktu itu kain putih yang ditenun sendiri dan obat-obat batik dari soga
jambal, mengkudu, nila tom, tinggi dan sebagainya.
Obat-obat luar
negeri baru dikenal sesudah perang dunia kesatu yang dijual oleh
pedagang-pedagang Cina di Mojokerto. Batik cap dikenal bersamaan dengan
masuknya obat-obat batik dari luar negeri. Cap dibuat di Bangil dan pengusaha-pengusaha
batik Mojokerto dapat membelinya dipasar Porong Sidoarjo, Pasar Porong ini
sebelum krisis ekonomi dunia dikenal sebagai pasar yang ramai, dimana
hasil-hasil produksi batik Kedungcangkring dan Jetis Sidoarjo banyak dijual.
Waktu krisis ekonomi, pengusaha batik Mojoketo ikut lumpuh, karena
pengusaha-pengusaha kebanyakan kecil usahanya. Sesudah krisis kegiatan
pembatikan timbul kembali sampai Jepang masuk ke Indonesia, dan waktu
pendudukan Jepang kegiatan pembatikan lumpuh lagi. Kegiatan pembatikan muncul
lagi sesudah revolusi dimana Mojokerto sudah menjadi daerah pendudukan.
Ciri khas dari batik Kalangbret dari Mojokerto adalah
hampir sama dengan batik-batik keluaran Yogyakarta, yaitu dasarnya putih dan
warna coraknya coklat muda dan biru tua. Yang dikenal sejak lebih dari seabad yang lalu tempat
pembatikan didesa Majan dan Simo. Desa ini juga mempunyai riwayat sebagai
peninggalan dari zaman peperangan Pangeran Diponegoro tahun 1825.
Meskipun pembatikan dikenal sejak jaman Majapahait
namun perkembangan batik mulai menyebar sejak pesat didaerah Jawa Tengah
Surakarta dan Yogyakata, pada jaman kerajaan di daerah ini. Hal itu tampak bahwa perkembangan batik di Mojokerto
dan Tulung Agung berikutnya lebih dipenagruhi corak batik Solo dan Yogyakarta.
Didalam
berkecamuknya clash antara tentara kolonial Belanda dengan pasukan-pasukan
pangeran Diponegoro maka sebagian dari pasukan-pasukan Kyai Mojo mengundurkan
diri kearah timur dan sampai sekarang bernama Majan. Sejak zaman penjajahan
Belanda hingga zaman kemerdekaan ini desa Majan berstatus desa Merdikan (Daerah
Istimewa), dan kepala desanya seorang kiyai yang statusnya
Uirun-temurun.Pembuatan batik Majan ini merupakan naluri (peninggalan) dari
seni membuat batik zaman perang Diponegoro itu.
Warna babaran batik
Majan dan Simo adalah unik karena warna babarannya merah menyala (dari kulit
mengkudu) dan warna lainnya dari tom. Sebagai batik setra sejak dahulu kala
terkenal juga didaerah desa Sembung, yang para pengusaha batik kebanyakan
berasal dari Sala yang datang di Tulungagung pada akhir abad ke-XIX. Hanya
sekarang masih terdapat beberapa keluarga pembatikan dari Sala yang menetap
didaerah Sembung. Selain dari tempat-tempat tesebut juga terdapat daerah
pembatikan di Trenggalek dan juga ada beberapa di Kediri, tetapi sifat
pembatikan sebagian kerajinan rumah tangga dan babarannya batik tulis.
Gambar
1.1. Gambar
1.2.
Gambar 1.3.
2. Zaman Penyebaran Islam
Riwayat pembatikan di daerah Jawa Timur
lainnya adalah di Ponorogo, yang kisahnya berkaitan dengan penyebaran ajaran
Islam di daerah ini. Riwayat Batik. Disebutkan masalah seni batik didaerah
Ponorogo erat hubungannya dengan perkembangan agama Islam dan kerajaan-kerajaan
dahulu. Konon, di daerah Batoro Katong, ada seorang keturunan dari kerajaan
Majapahit yang namanya Raden Katong adik dari Raden Patah. Batoro Katong inilah
yang membawa agama Islam ke Ponorogo dan petilasan yang ada sekarang ialah
sebuah mesjid didaerah Patihan Wetan.
Perkembangan selanjutanya, di Ponorogo,
di daerah Tegalsari ada sebuah pesantren yang diasuh Kyai Hasan Basri atau yang
dikenal dengan sebutan Kyai Agung Tegalsari. Pesantren Tegalsari ini selain
mengajarkan agama Islam juga mengajarkan ilmu ketatanegaraan, ilmu perang dan
kesusasteraan. Seorang murid yang terkenal dari Tegalsari dibidang sastra ialah
Raden Ronggowarsito. Kyai Hasan Basri ini diambil menjadi menantu oleh raja
Kraton Solo.
Waktu itu seni batik baru terbatas dalam
lingkungan kraton. Oleh karena putri keraton Solo menjadi istri Kyai Hasan
Basri maka dibawalah ke Tegalsari dan diikuti oleh pengiring-pengiringnya.
disamping itu banyak pula keluarga kraton Solo belajar dipesantren ini.
Peristiwa inilah yang membawa seni bafik keluar dari kraton menuju ke Ponorogo.
Pemuda-pemudi yang dididik di Tegalsari ini kalau sudah keluar, dalam
masyarakat akan menyumbangkan dharma batiknya dalam bidang-bidang kepamongan
dan agama.
Gambar 2.1 . Gambar
2.2.
Gambar 2.3.
2.3 Jenis-Jenis Batik
1. Batik Tulis
Batik tulis adalah batik yang dibuat
dengan menggunakan canting. Pembuatan batik tulis ini lebih lama yaitu sekitar
2-3 bulan. Proses pembuatannya yaitu dimulai dengan pembuatan design atau yang
disebut dengan molani, menyanting ( melukis dengan lilin/malam menggunakan
canting), member warna, melorot, kemudian penjemuran. Batik tulis tidak
memiliki motif pengulangan yang jelas dengan ukuan garis motif yang relative
kecil dibandingkan dengan batik cap.
2. Batik Cap
Batik cap adalah teksture atau corak
batik yang dibentuk dengan cap. Biasanya proses pembuatan batik cap lebih cepat
dari batik tulis yaitu sekitar 2-3 hari. Batik cap dikerjakan manual dengan
menggunakan alat cap yang biasanya terbuat dari tembaga yang dibentuk dengan
design tertentu. Alat cap ( stempel ) tersebut selanjutany dicelupkan ke dalam
lilin panas, kemudian ditekan atau dicapkan pada kain.Gambar batik cap biasanya
tidak tembus pada kedua sisi kain.
3.
Batik sablon (batik printing)
Batik Sablon adalah batik yang proses pembuatannya
dicetak melalui proses sablon. Proses batik dapat diselesaikan tanpa
menggunakan lilin malam serta canting. Prosesnya sama seperti pembuatan spanduk
atau kaos sablon namun dengan bahan warna yang lebih bagus mutunya. Permukaan kain
batik sablon jika dilihat hanya satu sisi saja yag bergambar, sedangkan sisi
lainnya polos. Hal inilah yang membuat warna batik sablon lebih cepat luntur
karena warnanya tidak meresap ke kain.
Gambar
3.1. Batik Tulis
Gambar
3.2. Batik Cap
Gambar
3.3. Batik Sablon
2.4 Bahan Kimia Dalam Usaha Batik
1. Sodium Hidroksida/Soda Api (NaOH)
Sodium Hidroksida
tersedia dalam bentuk serpihan-serpihan (Konsentrat 100 %) atau dalam bentuk
cair dengan konsentrasi yang bermacam-macam.
Penggunaan dalam usaha batik :
-
Fiksasi pewarna pewarna reaktif.
-
Pewarnaan dengan Indigo dan Naftol.
-
Untuk mengontrol nilai Ph.
-
Proses pengelantangan dengan hidrogen peroksida
2. Asam Klorida (HCl)
HCl adalah cairan
kekuning-kuningan dengan aroma kuat yang menusuk, bersifat sangat korosif.
Penggunaan dalam usaha batik :
Sebagai unsur saponifikasi bagi zat warna Indigosol.
3. Sodium Nitrit (NaNO2)
Sodium Nitrit adalam
bubuk kristal putih kekuning-kuningan yang dapat dilarutkan dalam air.
Penggunaan dalam usaha batik : Sebagai
unsur oksidasi untuk pembentukan pewarna tangki menjadi bentuk yang tidak dapat
dilarutkan.
4. Hidrogen Peroksida (H2O2)
Hidrogen Peroksida
berbentuk cairan jernih. Zat ini memiliki sifat oksidasi yang kuat dan merupakan
zat yang mudah terbakar.
Penggunaan dalam usaha batik :
- Untuk pengelantangan oksidatif pada katun
- Oksidasi pewarnaan dengan Indigo.
5. Sodium Karbonat (Na2CO3)
Sodium Karbonat adalah bubuk kristal
putih yang dikenak juga sebagai abu soda.
Penggunaan dalam usaha batik :
- Untuk menyesuaikan pH pada kolam pewarna.
- Memperbaiki kemurnian pada pewarna dalam proses pewarnaan.
6. Sodium Silikat (Na2SiO3)
Sodium silikat adalah senyawa yang
sangat kental dan senyawa alkali/basa yang kuat.
Penggunaan dalam usaha batik :
- Digunakan sebagai bahan pengikat untuk zat-zat pewarna reaktif.
- Sebagai stabilisator dalam proses pengelentangan dengan peroksida.
7. Naftol (Zat Warna)
Penggunaan dalam usaha batik : Digunakan
untuk mewarnai katun yang digunakan untuk batik dalam suhu ruang.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan di Usaha Batik Sumber Rejeki, Desa Babagan RT 09/RW 03 Lasem.
Waktu penelitian Hari Minggu, 16 Agustus 2015.
3.2 Metode Penelitian
Metode yang kami lakukan untuk penelitian ini
adalah :
- Wawancara
Melakukan wawancara dengan pihak – pihak terkait yang
berkompeten dengan permasalahan tersebut guna mendapatkan data primer.
- Study Literature
Mencari literature dengan mempelajari berbagai pustaka
yang berkaitan dengan topik yang diangkat sebagai standar perencanaan dan
perancangan yang digunakan dalam penyusunan program.
- Observasi Obyek
Melakukan pengamatan terhadap obyek Batik baik secara
langsung terhadap obyek serupa di dalam negeri maupun pengamatan obyek secara tidak
langsung melalui internet terhadap obyek serupa di luar negeri yang dijadikan
sebagai bahan pertimbangan.
3.3 Pembuatan Batik Tulis
Alat dan bahan :
- Kain mori (Bisa terbuat dari sutra atau katun)
- Canting sebagai alat pembentuk motif
- Gawangan (Tempat untuk menyampirkan kain)
- Lilin (malam) yang dicairkan.
- Panci dan kompor kecil untuk memanaskan.
- Larutan pewarna Gambar
Tahapan pembuatan batik tulis :
1.
Langkah pertama adalah membuat desain
batik yang biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang
memiliki selera berbeda-beda.
2.
Setelah selesai melakukan molani, langkah
kedua adalah melukis dengan lilin (malam) menggunakan canting dengan mengikuti
pola tersebut.
3.
Selanjutnya, menutupi dengan lilin malam
bagian-bagian yang akan tetap berwarna putih (tidak berwarna). Canting untuk
bagian halus, atau kuas untuk bagian berukuran besar. Tujuannya adalah supaya
saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin
tidak terkena.
4. Tahap berikutnya, proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup
oleh lilin dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu .
5. Setelah dicelupkan, kain tersebut di jemur dan dikeringkan.
6. Setelah kering, kembali melakukan proses pembatikan yaitu melukis dengan
lilin malam menggunakan canting untuk menutup bagian yang akan tetap
dipertahankan pada pewarnaan yang pertama.
7. Kemudian, dilanjutkan dengan proses pencelupan warna yang kedua.
8. Proses berikutnya, menghilangkan lilin malam dari kain tersebut dengan cara
meletakkan kain tersebut dengan air panas diatas tungku.
9. Setelah kain bersih dari lilin dan kering, dapat dilakukan kembali proses
pembatikan dengan penutupan lilin menggunakan canting untuk menahan warna
pertama dan kedua.
10. Proses membuka dan menutup lilin malam dapat dilakukan berulangkali sesuai
dengan banyaknya warna dan kompleksitas motif yang diinginkan.
11. Proses selanjutnya adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna
direbus air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga
motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas.
12. Proses terakhir adalah mencuci kain batik tersebut dan kemudian
mengeringkannya dengan menjemurnya sebelum dapat digunakan dan dipakai.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Prospek Usaha Batik Tulis
Menurut
Usaha
Batik
Tulis Lasem ”Sumber
Rejeki” yang berdiri sejak tahun 2010 ,prospek usaha batik tulis sangat
menjanjikan. Harga setiap potong batiknya mulai dari 100 ribu sampai jutaan
rupiah tergantung dengan warna,kualitas kain dan motifnya. Motif yang paling
banyak diminati pelanggan adalah motif sejar jagad yang harganya dikisaran 100
ribu-an dan batik tiga negeri yang harganya mencapai jutaan rupiah. Total penghasilan tiap bulannya bisa mencapai
300-400 juta. Hasil tersebut tentunya sangat menarik para pengusaha lain untuk
beralih ke bisnis batik. Tidak hanya dapat menghasilkan keuntungan yang besar,
usaha batik ini dapat melestarikan budaya Indonesia. Usaha ini telah dipasarkan di bebrapa daerah
di Indonesia seperti (Jakarta, Solo, Yogya, Surabaya, Semarang, Pekalongan dan
kota-kota lainnya).
Gambar
4.1. Batik Sekar Jagad
Gambar 4.2. Batik Tiga
Negeri
BAB IV
BAB IV
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Batik
adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari
budaya Indonesia (khususnya jawa). Batik adalah proses menahan warna dengan memakai
lilin malam secara berulang- ulang diatas kain. Prospek usaha batik sangat menjanjikan. Tidak ada salahnya jika kita mencoba
usaha batik.
5.2
Saran
Sebaiknya
memakai batik perlu ditingkatkan lagi agar ciri khas kita sebagai warga Negara
Indonesia tidak hilang. Karena beberapa Negara lainnya sudah mengakui batik
Indonesia . Untuk itu kita harus bangga menjadi anak Indonesia. Kita sebagai
generasi muda penerus bangsa harus bisa melestarikan budaya,salah satunya adalah batik.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Lampiran
1.Wajan, Malam, Kompor, Canting
Lampiran
2. Kain Mori
Lampiran
3.Gawangan
Lampiran
4. Proses 1
Lampiran
5. Proses 2
Lampiran
6. Proses 3,6, dan 9
Lampiran
7. Proses 4 dan 7
Lampiran
8. Proses 5
Lampiran
9. Proses 8 dan 11
Lampiran 10. Proses
12
Lampiran 11. Tempat Penelitian Usaha Batik Tulis Lasem “Sumber Rejeki”
Lampiran 12.Foto
Kelompok
trimakasih infonya..
ReplyDeletesukses selalu....
Sama sama
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete