WELCOME TO MY SIMPLE BLOG, MAY USEFUL FOR US

Monday, April 30, 2018

MUSIK KONTEMPORER


A.      PENGERTIAN MUSIK KONTEMPORER
Pengertian musik kontemporer menurut kami (Kelompok 2) adalah sebagai berikut.
Þ    Musik yang diciptakan oleh seseorang atau sekelompok orang yang dimainkan dengan improvisasi bebas.
Þ    Musik masa kini yang dimainkan tanpa menggunakan alat musik aslinya tetapi menggunakan alunan musik yang berasal dari barang-barang bekas, dan sebagainya.
Þ    Musik kreasi yang dimainkan dengan dinamik, tempo, birama, dan improvisasi yang bebas.

B.       KREASI MUSIK KONTEMPORER
1.           ALAT DAN BAHAN
Peralatan yang kami (Kelompok 2) gunakan dalam berkreasi musik kontemporer adalah sebagai berikut.:
§   Description: Knife, Board, Kitchen, Food, Cut, BladePisau







Gambar Pisau.
Pisau merupakan alat pemotong yang biasanya digunakan untuk memasak.
Dalam kreasi musik kontemporer ini, kami menggunakan pisau untuk memotong bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat alat musik kontemporer. Misalnya digunakan memotong bilah bambu/kayu untuk membuat stik, memotong botol, dan lain sebagainya.
§   Cutter
Description: Box Cutter, Knife, Sharp, Tool, Cutter
 






Gambar Cutter.
Cutter merupakan benda tajam yang biasanya digunakan untuk memotong kertas, selotip, dan memotong benda yang cukup lunak.
Dalam kreasi musik kontemporer ini, kami akan menggunakan cutter untuk memotong bahan-bahan, yang sekiranya tidak dapat dipotong menggunkan pisau.. Misalnya, untuk memotong lakban, menghaluskan kayu, dan lain-lain.
§   Lakban/solasi
Description: Gambar terkait
 









Gambar Lakban/Solasi.
Lakban atau solasi dapat digunakan untuk merekatkan satu benda dengan benda yang lain. Dalam kreasi musik kontemporer ini, kami menggunakan lakban/solasi untuk merekatkan tutup potol dengan botolnya agar lebih rapat dan isi dalam botol tidak tumpah/berceceran keluar.
§   Sendok - garpu
Description: Gambar terkait
 








Gambar Sendok-garpu.
Sendok adalah alat makan yang memiliki cekungan berbentuk oval atau bulat lonjong di satu ujung dan gagang di ujung lainnya. Sedangkan garpu merupakan alat makan yang memiliki sisi-sisi tajam untuk menusuk makanan. Sendok dan garpu dapat terbuat dari berbagai material misalnya dari plastik, kayu, dan logam.
Dalam kreasi musik kontemporer ini, kami menggunakan sendok dan garpu yang terbuat dari logam untuk memainkan alat musik kontemporer yang kami buat, yaitu dengan memukulkannya pada alat musik tersebut.
§  Description: Hasil gambar untuk gambar pakuPaku









Gambar Paku.
Paku adalah logam keras berujung runcing, umumnya terbuat dari baja, yang  digunakan untuk melekatkan dua bahan dengan menembus keduanya. Paku umumnya ditembuskan pada bahan dengan menggunakan palu, ujung paku kadang ditekuk untuk mencegah paku keluar.
Dalam kreasi musik kontemporer ini, kami menggunakan paku untuk melubangi botol plastik yang akan diisi dengan beras.
§   Palu






Gambar Palu.
Palu adalah alat yang digunakan untuk memberikan tumbukan kepada benda. Palu umum digunakan untuk memaku, memperbaiki suatu benda, penempaan logam dan menghancurkan suatu objek. Palu dirancang untuk tujuan tertentu dengan variasi dalam bentuk dan struktur.
Dalam kreasi musik kontemporer ini, kami menggunakan palu untuk membantu melubangi bahan seng atau kayu.

Bahan yang kami (Kelompok 2) gunakan dalam berkreasi musik kontemporer adalah sebagai berikut.
§   Jerigen/jeligen
Jeriken (atau jerigen) adalah sebuah wadah tertutup yang menampung cairan dan memiliki pegangan sehingga dapat dipindahtempatkan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jeriken adalah tempat biasanya berisi 20 liter, dibuat dari logam atau plastik, berbentuk empat persegi panjang, pipih, dan berkepala sempit.
Dalam pembuatan kreasi musik kontemporer, kami (Kelompok 2) menggunakan jeriken/jeligen sebagai drum. Jeriken/jeligen merupakan salah satu bahan yang kami gunakan untuk membuat perangkat drum sederhana.
Image result for gambar jerigen











Gambar jeriken/jeligen.
§   Galon
Galon adalah suatu wadah yang dipergunakan untuk menampung air minum.
Dalam pembuatan kreasi musik kontemporer, kami (Kelompok 2) menggunakan galon sebagai bass.













Gambar galon.
§   Piring seng
Piring seng merupakan suatu tempat makan (piring) yang terbuat dari bahan seng.
Dalam pembuatan kreasi musik kontemporer, kami (Kelompok 2) menggunakan piring seng sebagai salah satu bahan yang dipergunakan untuk membuat perangkat drum sederhana.








                       Gambar piring seng.
§   Botol berisi beras
Botol adalah tempat penyimpanan dengan bagian leher yang lebih sempit daripada badan dan "mulut"-nya. Botol umumnya terbuat dari gelas, plastik, atau aluminium, dan digunakan untuk menyimpan cairan seperti air, susu, minuman ringan, bir, anggur, obat, sabun cair, tinta, dll.
Dalam hal ini, kami (Kelompok 2) menggunakan jenis botol yang berbahan plastik. Untuk menghasilkan suatu bunyi, maka di dalam botol diisikan beras. Bahan ini digunakan sebagai unsur pemeriah dalam kreasi musik kontemporer yang kami (Kelompok 2) usung.









                                           Gambar botol yang diisi beras.
§   Botol kaca
Botol adalah tempat penyimpanan dengan bagian leher yang lebih sempit daripada badan dan "mulut"-nya. 
Dalam hal ini, kami (Kelompok 2) menggunakan jenis botol yang berbahan kaca. Dalam pembuatan kreasi musik kontemporer, kami (Kelompok 2) menggunakan botol kaca sebagai salah satu bahan yang menghasilkan unsur musik melodi.








   Gambar botol kaca.
§   Kaleng susu besar
Kaleng adalah lembaran baja yang disalut timah. Bagi orang awam, kaleng sering diartikan sebagai tempat penyimpanan atau wadah yang terbuat dari logam dan digunakan untuk mengemas makanan, minuman, atau produk lain.
Dalam hal ini, kami (Kelompok 2) menggunakan jenis kaleng yang digunakan untuk menyimpan susu bayi. Dalam pembuatan kreasi musik kontemporer, kami (Kelompok 2) menggunakan kaleng susu sebagai unsur pelengkap.
         







                                                                 Gambar kaleng susu.
§   Panci
Panci adalah alat masak yang terbuat dari logam (alumuniumbaja, dll) dan berbentuk silinder atau mengecil pada bagian bawahnya. Panci bisa memiliki gagang tunggal atau dua "telinga" pada kedua sisinya dan biasanya digunakan untuk memasak air, sayur berkuah, dll. Ukuran panci biasanya dinyatakan dengan volumenya (biasanya antara 1-8 liter).
Dalam pembuatan kreasi musik kontemporer, kami (Kelompok 2) menggunakan panci sebagai unsur pelengkap.
Gambar panci.
§   Piring kaca
Piring kaca merupakan suatu tempat makan (piring) yang terbuat dari bahan kaca.
Dalam hal ini, kami (Kelompok 2) menggunakan jenis piring kaca yang bening. Dalam pembuatan kreasi musik kontemporer, kami (Kelompok 2) menggunakan piring kaca sebagai unsur pelengkap.

Gambar piring kaca.
2.         CARA MEMBUAT ALAT MUSIK KONTEMPORER
3.         TEKNIK MEMAINKAN ALAT MUSIK KONTEMPORER

No comments:

Post a Comment